Minggu, 02 Oktober 2011

Hamil itu Asik!!

Hai Ibu, apakah Anda sedang hamil? Selamat ya atas kehamilan Anda ^^
Schema berbagi informasi seputar kegiatan yang asik dilakukan saat Ibu sedang hamil. Cek dis ot dan nikmati kehamilan Ibu!

  • Manjakan Diri Anda
Apa yang Ibu sukai? Berbelanja? Ke salon? Kuliner? Do It! Ya, nikmati waktu Anda sebelum si kecil lahir. Saat si kecil lahir, pengeluaran Anda dan kakak si kecil akan berkurang karena berbagi dengan hadirnya si kecil. Sesekali, nikmati dan rayakan keberhasilan Anda dengan melakukan hal yang Anda sukai. Jika Anda suka berbelanja, lakukanlah selama dana yang Anda gunakan tidak mengganggu kebutuhan yang lain. Stop berbelanja baju hamil terlalu banyak Ibu, karena jangka penggunaannya akan kurang dari satu tahun setiap kehamilan Anda. Jadi berbelanjalah yang menyenangkan hati Anda dan awet penggunaannya, seperti jam tangan, kamera, atau benda lain yang lebih fungsional. Anda suka merawat diri ke salon? Lakukanlah....boleh2 aja kok Ibu hamil ke salon, selama tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya bagi si kecil ;). Terbatas dana tapi ingin merawat diri? Hm... Hal mudah Ibu, Anda bisa merawat diri dirumah karena keperluan seperti facial, masker, ataupun creambath banyak dijual di toko dan perawatan bisa dilakukan dirumah yang tentunya juga lebih hemat lho. So, segera manjakan diri Anda dan senangkan diri Anda! :)

  • Mengisi Kulkas
Ibu, sepulang dari persalinan, pasti energi Anda adalah untuk si kecil. Anda tidak akan punya waktu berbelanja bahan makanan apalagi memasak, kecuali Anda punya asisten/PRT di rumah. Biarpun Anda punya asisten rumah tangga, tak ada salahnya bagi Anda untuk menyempatkan diri ke swalayan untuk mengisi kulkas anda sesuai dengan kebutuhan Anda. Lakukan beberapa minggu sebelum waktu melahirkan, isi kulkas dengan makanan yang mudah disiapkan serta bahan-bahan sehat. Jangan sampai Anda yang sudah letih dan kehabisan energi untuk si kecil justu kekurangan asupan gizi. Selipkan camilan sehat seperti biskuit, coklat atau buah-buahan yang bisa Anda makan saat terbangun tengah malam. Jadi Anda masih punya energi tambahan.

  • Nikmati Masa Berduaan
Sebentar lagi anggota keluarga Anda bertambah, nikmatilah masa-masa dimana hanya ada Anda dan suami. Pada trimester kedua, hormon estrogen meningkat dan saat itulah Anda berada pada puncak sensualitas.  Beberapa suami menganggap istrinya paling seksi saat hamil. Jadi, kenapa ditunda? Petualangan sensual Anda dan suami bisa jadi makin seru. Karena perut Anda semakin besar, Anda dan suami harus memutar otak mencari posisi baru yang nyaman. Siapa tahu posisi baru itu menjadi posisi favorit bahkan setalah Anda melahirkan nanti.

  • Travelling
Anda hobi berenang, camping, sunbathing? Do it! Jangan biarkan kehamilan menghalangi Anda. Lakukan konnsultasi dengan dokter kandungan Anda tentang aktivitas yang boleh Anda lakukan berdasarkan riwayat kesehatan Anda dan janin. Apabila dokter memastikan bahwa keadaan Anda dan janin aman untuk melakukan aktivitas tersebut, manfaatkan waktu luang Anda untuk travelling ke tempat favorit Anda selagi belum ada si kecil. Pastikan asupan gizi dan vitamin Anda. Bila ingin melakukan perjalanan udara, Anda harus melakukannya sebelum trimester ketiga. Jadi tunggu apalagi? Pesan tiket dan berkemaslah!

  • Berfoto
Bila sebelum hamil Anda perlu menahan nafas agar perut terlihat rata saat berfoto, kali ini perut besar Andalah yang menjadi pusat perhatian. Jangan malu-malu untuk menonjolkan perut Anda saat berfoto. Buat foto yang bagus dan cetak besar, lalu pajang dikamar. Inilah kenangan Anda bersama perut besar yang tidak akan terulang lagi. Kalaupun Anda akan mengandung anak berikutnya, pasti bentuk tubuh Anda akan berbeda.

  • Pesta
Ada baiknya mengadakan pesta kecil bersama teman-teman perempuan Anda untuk merayakan minggu-minggu terakhir Anda sebelum resmi menjadi Ibu. Minta teman Anda untu mengatur pesta tersebut jika Anda memerlukan bantuan. Anda bisa melakukan di kafe, restoran, atau bahkan di rumah Anda. Lakukan dengan senang hati, karena pesta tak selalu mewah, yang perlu Anda nikmat iadalah waktu bersantai bersama teman-teman dan orang yang Anda terdekat Anda. Namun, pastikan aktivitas serta makanan dan minuman yang tersedia aman dan sehat dikonsumsi bagi Anda dan janin. Jika ingin lebih seru lagi, Anda bisa minta dibelikan kado unik dan sebaliknya, Anda pun bisa memberi souvenir unik untuk teman-teman Anda.

  • Tidur Nyenyak
Tiga bulan pertama setelah si kecil lahir, kemungkinan besar waktu tidur Anda akan lebih sedikit. Perpanjang waktu tidur Anda dan usahakan agar tidur Anda dan usahakan agar tidur dalam keadaan tenang. Berolahraga ringan di sore hari, mandi air hangat, dan minum susu satu jam sebelum tidur akan membantu. Kualitas dan kuantitas tidur yang tepat, stres Anda bisa berkurang. Menjalani kehamilan dengan tenang akan dirasakan pula oleh bayi Anda.

  • Berbenah
Beberapa ibu tidak memiliki banyak waktu luang untuk berbenah ketika si kecil sudah lahir. Maka sebelum waktu dan tenaga habis untuk mengurus bayi, lebih baik Anda membenahi isi rumah. Mulailah dengan kamar Anda. Buatlah ruang tidur Anda nyaman dan lega karena disinilah Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu Anda. Bila Anda memiliki kamar bayi sendiri, Anda perlu membereskan akses menuju kamar tersebut agar Anda lancar mondar-mandir di kamar si kecil. Jangan ragu untuk menyapu dan mengepel sendiri kamar Anda. Aktivitas berbenah rumah juga bisa membantu kelancaran persalinan lho.... ^,^

  • Dekorasi
Selesai beres-beres, Anda juga bisa melanjutkan dengan mendekorasi rumah untuk menyambut kedatangan si bayi. Siapkan kamar bayi (atau tempat tidur bayi bila ia akan tidur di kamar Anda) beserta segala perlengkapannya. Anda bisa mencicil, mulai dari membeli tempat tidur, membeli perlengkapan mandi, baju-baju dan mainan. Siapkan juga album foto dan pigura untuk memajang foto pertama si kecil. Yang tidak kalah pentingnya, sediakan sebuah boks yang nantinya bisa Anda isi dengan benda-benda kenangan seperti gelang rumah sakit, foto atau video USG, dan lain-lain. Isi boks bisa jadi hadiah untuk ulang tahunnya yang ke-17!

  • Percantik Diri
Konon katanya, ibu hamil yang suka mempercantik diri akan melahirkan anak perempuan. Padahal apa pun jenis kelamin anak Anda, tetap harus tampil cantik,bukan? Perut Anda boleh membesar, tapi urusan perawatan tubuh sebaiknya jangan diabaikan. Minimal, pergilah ke salon sebulan sekali untuk melakukan perawatan diri, atau bisa juga Anda lakukan sendiri dirumah. Bila ingin jalan-jalan, kenakanlah pakaian yang rapi dan bersih serta tata rias yang manis. Bila perlu, kenakan baju hamil yang trendi!

Sumber : Tabloid Mother & Baby, edisi Mei 2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar